Itinerary Adalah Bagian Penting Dalam Melakukan Perjalanan

by - December 28, 2017

Disini saya mau membahas tentang Itinerary. Sebenarnya apa sih itu ?


Rancangan Perjalanan adalah sebuah rancangan perjalanan kita yang sudah didesain agar memiliki sebuah tujuan atau prediksi yang akan kita lakukan diperjalanan kita.

Apakah itu penting ? "Jawabannya IYA"
Karena dengan adanya rencana, perjalanan kita enggak ngasal gas aja (kadang ini yang buat kita hilang arah & tujuan).

Seperti yang kita lihat banyak sekali para traveller / backpacker yang asal gas tanpa adanya itinerary. Padahal ini menjadi rancangan perjalanan agar bisa mendapatkan TASTE dari perjalanan kita.

Nih bayangin disaat Cs mau melakukan perjalanan penting tanpa persiapan. Apa yang akan Cs semua rasain ? Bisa ditebak dong yaitu, Kesengsaraan, ketidakpuasan, kerugian secara materil & immateril yang harusnya bisa kita efisiensi kan semua waktu dengan planning yang sudah dipersiapkan.

Okee jangan deh panjang x lebar x tinggi kebanyakan wacana mending saya sedikit share tips - tips apa aja yang menjadi bagian penting dalam membuat Itinerary. - check it out Cs'ku -


1. Tentukan Nama Organisasi 

Kok pakai nama organisasi segala, padahal saya berangkat sendiri boss atau saya berangkat cuman berdua doang.
Duh, nama ini penting boss karena akan menjadi Brand yang harus Cs bawa kemanapun.
Mau Cs sendiri, Mau Cs berdua semua orang akan ingat sama nama organisasi yang mau Cs bawa.
Usahakan nama tersebut unik dan bisa memikat banyak orang. Karena tujuan kita punya nama tersebut untuk membuat sebuah organisasi yang bisa dikenal saat kita melakukan perjalanan.

2. Tentukan Tujuan 

Nah ini juga bagian yang paling penting. Kalau Cs gak punya tujuan yang jelas mau kemana aja, duh jangan harap Cs bisa explore seluruh tempat yang mau Cs kunjungi. Bisa dijelaskan kalo Cs bakalan nyasar , Cs bakalan gak tau lagi dimana posisi Cs, Cs juga gak bakalan tau dimana saja tempat - tempat penting yang harus Cs kunjungi ?? Setelah selesai melakukan perjalanan, akhirnya menyesal. "Padahal saya baru dari sana tapi kenapa saya gak jalan kesana juga ya ?" Dus, penyesalan datang terlambat. 
Kalo bisa Cs cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mau kemana tujuan Cs.

3. Tentukan Maksud LOE

Ini berarti Cs harus tau mau ngapain disana. Mau hunting foto dimana aja ? Mau makan dimana aja ? Mau sampai dipuncak jam berapa ? Mau istirahat dimana ? Apa aja yang mau Cs lakuin disana ? Tempat apa aja yang harus saya singgahin dll.

4. Tentukan Budget & Waktu 

Contoh sederhananya begini, Cs mau melakukan pendakian ke gunung Pangrango Cibodas.
Nah estimasi perjalanan Cs dari lokasi awal menuju cibodas berapa lama ? dan Apa saja hambatan - hambatan yang bakalan Cs lewati selama perjalanan itu  (seperti break , tempat beli persiapan makanan dll)

Terus selama pendakian ke Gn. Pangrango , Cs harus melewati pos-pos mana atau spot-spot mana yang memerlukan waktu untuk mencapai puncak . Untuk mencapai POS 1, harus berjalan selama 2 jam boss atau ke POS 2 harus kemana lagi ??

Lalu biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan ini seberapa besar. Cs harus bikin rincian penting nih apa yang harus di keluarin, apa yang harus Cs tahan. Kalo Cs gapunya planning terhadap Budget & Waktu itu artinya Cs siap mengalami kerugian yang besar saat jalan-jalan.

5. Terus Mencari Informasi & tempat menginap

Informasi ini menjadi bagian penting sebelum Cs melakukan perjalanan. Karena ini perlu banget biar  gak ketipu sama orang-orang disana. Cs jadi bisa dianggap familiar dengan tempat asing yang baru kunjungi karena Cs tau apa aja yang ada disana.

Semua ini Cs butuhin untuk efisiensikan waktu serta biaya yang akan di keluarin. So, Cs gak akan pernah deh mikirin bangkrut, boros buat jalan-jalan. Karena Cs udah punya estimasi dari keseluruhan atas apa yang Cs buat.


Sudah mulai paham kan, Apa itu Itinerary Cs'ku? dan begitu pentingnya hal sepele yang sebenarnya jarang banget orang untuk melakukannya. Tapi dampaknya terasa cukup besar. So jangan berkecil hati, mulailah untuk mencoba belajar melakukan perencanaan dan rancangan yang bisa lo buat sebelum melakukan perjalanan.

Nih gw lampirkan beberapa contoh yang biasa saya buat dalam bentuk Word : Check it out 

1. Itinerary kevinfaid



" Keep Spirit For Today And Stay always Travelling"


You May Also Like

0 komentar

//]]>