Tips Perlengkapan Wajib yang Harus Kalian Bawa Saat Mendaki Gunung !

by - April 16, 2019

Mendaki gunung bukan sekedar gaya-gayaan mengikuti trend, persiapan yang matang akan membawa lo untuk siap melakukan pendakian.

Nah kali ini gw bakalan kasih tips perlengkapan mendaki gunung yang wajib banget kalian bawa.
Sebelumnya harus tau nih kalo beberapa perlengkapan gunung itu ada yang bisa disewa / dibeli sendiri. Yap, penyewaan perlengkapan gunung ada karena kalo kita beli harganya cukup menguras kantong loh.
Mendaki gunung bukan sekedar mejeng ya guys, mendaki ke gunung artinya kita sedang menantang diri untuk dapat bertahan hidup (Survival). So, perlengkapan yang salah akan menyebabkan kalian semua sengsara atau yang lebih buruk kematian.

Berikut daftar perlengkapan kelompok dan pribadi yang harus kalian bawa sebagai berikut :
A. Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Kelompok ( Bersama )

1. Tenda / Dome
Photo from: Pixabay.com
Bisa bayangin kalo lo mau camping / hiking tapi enggak bawa tenda. Hmm, mau tidur di rumput-rumput ? bisa mati kedinginan ntar lo, haha. 
Tenda adalah perlengkapan wajib yang harus kalian bawa, karena fungsinya adalah sebagai tempat bermalam untuk tidur dan sekaligus melindungi lo dari terpaan angin, hawa dingin, dan hujan.
Tenda ini sangatlah penting sekali ketika lo ingin melakukan pendakian lebih dari satu hari / berencana menginap berminggu-minggu di gunung.

2. Peralatan Makan
Jangan sampai lupa guys, peralatan makan wajib kalian bawa saat melakukan pendakian ke gunung. Hal sepele juga akan bikin kita serba repot, emang mau makan tapi engga ada peralatannya. Bisa sih pake daun pisang atau tangan namun itu akan sangat merepotkan kita apalagi kalo kelompoknya lebih dari 10 (sepuluh).

3. Peralatan Masak ( Kompor Portable / Nesting)

Salah satu benda kramat yang wajib banget kalian bawa ya, karena kompor portable berfungsi buat kalian masak sesuatu. Kalo sampai ketinggalan atau emang gak dibawa , kalian engga akan bisa nyeduh kopi, teh, minuman panas lainnya. Memasak pun juga tidak akan bisa. Bisa sih ada acara survival , tapi mau dicoba ? Kalian kumpulin kayu terus buat api dan bakar deh. Kerja keras banget ya. Hahaa.

4. Flysheet Tenda Dome
Kalian pernah ngerasain didalam tenda udaranya sangat lembab ? itu adalah kesalahan kita yang terkadang menyepelakan. hati-hati cuaca yang lembab dapat menimbulkan penyakit yang bisa bikin kalian terkena hyportemia atau lainnya. Flysheet sebenarnya sudah ada bawaan dari tenda. Tapi ada juga tenda yang tidak menyediakan flysheet, ada biasanya juga sangat kecil. Nah untuk itu flysheet wajib ada dibawa dalam satu kelompok per tenda. Karena flysheet sangat berguna untuk melindungi tenda bagian dalam dari hujan, flysheet yang bagus adalah yang menutup tenda hingga kebawahnya.

5. Alat komunikasi



Perlengkapan satu ini menjadi hal yang sangat penting guys, Alat komunikasi ini berfungsi untuk memberikan update informasi terbaru. Apalagi kalau ada kejadian yang tidak terduga dan darurat sekali. Dengan membawa alat komunikasi kita bisa saling koordinasi dengan rekan-rekan pendaki.
Alat komunikasi ini bisa Handphone (HP), atau handy talky ya. Jangan lupa untuk catat informasi basecamp sebelum mendaki.

6. Lampu Tenda Gantung

Pada saat didalam tenda kita butuh yang namanya alat penerangan. Maka dari itu lampu tenda gantung wajib dibawa untuk dapat digunakan bersamaan saat didalam tenda ya guys.

B. Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Pribadi

1. Tas Gunung Carrier

Perlu diketahui untuk melakukan pendakian ke gunung tas adalah perlengkapan wajib yang harus dibawa. Nah tapi kenapa harus tas carrier ? Kan bisa aja tuh bawa tas yang biasa aja. Het itu tidak akan nyambung guys. Ada perbedaan signifikan antara tas carrier dengan tas biasa (Macam Tas sekolah gitu ). Tas Carrier memiliki distribusi beban yang bagus, jika bisa yang mempunyai airflow back system, rain cover,  memiliki belt dibagian pinggang yang empuk, banyak kantong dan bahan yang kuat.
Tas carrier punya banyak ukuran mulai 30L 35L 40L 55L sampai 75L guys.
Kalian bisa pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan ya.

2. Sleeping Bag & Matras

Sleeping Bag akan bikin lo tidur nyenyak, karena di gunung cuaca akan dingin sekali dan apalagi ketika malam hari. Hal buruknya bisa-bisa kalian tidak akan bisa tidur nyenyak karena menggigil terutama untuk pemula. So, jangan dilupain perlengkapan satu ini ya guys.
Oh iya , untuk matras perlu juga kalian bawa. Ada banyak macam untuk matras dengan warna hitam sedikit tebal dan juga berbahan aluminium. Bawalah salah satu yang kalian senangi ya.

3. Sepatu / Sandal Gunung

Perlengkapan mendaki gunung wajib kalian bawa selanjutnya adalah Sepatu / Sandal Gunung. Ingat ya pilih yang memang di desain khusus untuk melakukan kegiatan trekking.
Sepatu gunung yang baik adalah sepatu dengan desain sampai diatas mata kaki (Mirip sepatu koboy) agar dapat melindungi kejadian yang tidak terduga ya seperti, terkilir, otot keram sampai terpelintir.

4. Jaket Gunung dan Raincoat

Pilihlah jacket gunung yang bisa melindungi lo dari terpaan angin gunung dan hawa dingin.
Jacket gunung terkadang menjadi perlengkapan wajib yang harus lo bawa. Ada banyak jenis jacket gunung, pilihlah jacket dengan bahan yang tebal dengan bahan yang sudah waterproof, asalkan waktu dipakai dalam kondisi apapun dapat menjaga hawa tubuh kita.
Untuk raincoat sebenarnya tidak wajib apabila jacket gunung yang kita bawa sudah waterproof atau kondisi cuaca sangat bersahabat. Namun apabila ingin melakukan pendakian saat cuaca hujan, perlengkapan ini akan sangat berguna.

6. Kantong Plastik untuk Sampah

Kantong Plastik sampah yang berukuran besar ini akan berguna untuk membuang semua hal yang tidak dibutuhkan ketika usai melakukan pendakian. Ingat guys, bawa kembali sampahmu jangan kalian kotori alam dengan membawa petaka.

Itulah daftar perlengkapan wajib banget yang harus kalian bawa ya. Perlengkapan ini akan membuat pendakian kalian semua aman dan tidak akan sengsara. Jika kalian punya tekad tapi tanpa persiapan itu namanya bodoh, So jangan melakukan hal-hal yang merepotkan diri sendiri dan team kalian ya.

Jika bingung mau nyari perlengkapan gunung yang mana, bisa coba check langsung ditokopedia ya guys berikut linknya :

Eistemitte ( Fashion & Gear Outdoor )

Keep safety & Don't forget to bring the equipment
Follow me at Instagram : @kevinfaid
Thank You

You May Also Like

0 komentar

//]]>