Tips Wajib Persiapan Mendaki Gunung Yang Aman !

by - April 15, 2019

Blog Kevinfaid Tips~ 


Saat ini trend mendaki gunung sudah menjadi gaya hidup untuk kaum anak muda jaman now. Bagaikan virus yang mewabah secara cepat hobby ini menular dari satu tempat ke tempat lain.
Mendaki gunung memang membuat orang ketagihan karena dengan mendaki kita diajak untuk bersikap mandiri. Hal tersebut kadang membuat kita lupa diri yang terkadang anak-anak muda mendaki tanpa membawa persiapan yang cukup.

Jangan coba-coba berbuat tanpa persiapan, karena mendaki bukan hal yang mudah dilakukan. Sebut saja beberapa gunung terkenal seperti Semeru, Rinjani, Tambora, Merapi adalah gunung yang tidak pernah sepi oleh pendaki. Jika tidak ada persiapan yang memadai, kalian bisa mati konyol dan hanyakan menyisakan penyesalan.
Belakangan ini banyak berita yang menceritakan kecelakaan ataupun hilang di Gunung yang mengakibatkan kehilangan nyawa. Mendaki gunung kita dituntut harus siap menghadapi segala hal, persiapan yang cukup dan attitude yang baik meminimalisir resiko kita.

Berikut adalah tips wajib yang harus kalian patuhi dalam mempersiapkan pendakian gunung yang aman ini.

Tips Wajib Persiapan Mendaki Gunung !!!

1.  Mendaki harus punya persiapan yang matang, inget ya kawan karena kita sedang menjelajahi alam yang tidak ada batasnya. Jadi ada kemungkinan dalam keadaan darurat bisa aja lo bakalan nyasar dan tidak tau arah pulang. Benda seperti kompas, alat navigasi, altimeter ( Alat yang berfungsi mengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut ) adalah wajib hukumnya. Mau gunungnya segampang apapun benda ini wajib lo bawa ya kawan.

2. Nah setelah perlengkapan no satu sudah kalian persiapkan, jangan sekali-sekali kalian mendaki tanpa orang yang paham dengan medan pendakiannya. So, jangan coba-coba mati konyol tanpa paham tempatnya yg akhirnya tersesat di alam liat tanpa kemampuan bertahan hidup yah.

3. Jangan dipaksakan kalo kondisi badan sedang tidak fit atau sedang sakit. Inget kawan mendaki bukan untuk bercanda kita ditantang untuk bisa bertahan hidup. Persiapkan stamina dengan tidur cukup dan olahraga kecil sebelum mendaki.

4. Bawalah peralatan pendakian yang penting dan wajib dibawa seperti, jas hujan / ponco, sleeping bag, tenda, matras dan tas kecil untuk memisahkan baju basah waktu di gunung. Kalo lo paksain masih menggunakan baju basah, hati2 ya kawan kemungkinan terkena hiportemia sangat besar yang bisa bikin lo mati ditempat. Gunakan juga sepatu gunung yang safety, jangan pake sepatu kets yang buat jalan ke mall ya, bisa ditawain ntar lo.

5. Hitung dengan detail semua perlengkapan yang harus lo bawa dan hitung berapa lama perjalanannya untuk menyesuaikan kebutuhan logistik kalian ya. Misalnya, estimasi mendaki sekitar 12 jam. Perlu kalian tau titik pos istirahat setiap tempat dan mana tempat yang menyediakan air.

6. Peralatan Medis menjadi benda yang kadang diremehkan dan tidak pernah dibawa. Ingat ya kawan kecelakaan kecil ataupun besar kadang terjadi tidak terduga. So, kalian perlu punya persiapan yang bagus apabila terjadi hal yang tidak di inginkan.

7. Cobalah sharing dengan teman-teman senior atau komunitas pendaki ya, karena mereka punya jam terbang yang tinggi dan bakalan ngasih lo tips yang bagus.

8. Batasi kemampuan lo saat melakukan pendakian, karena kondisi yang tidak di inginkan kadang terjadi begitu saja. Memaksakan kehendak diri yang sudah tau bahaya datang akan membuat kalian mati konyol. So, kalian harus tau kapan istirahat, kapan berhenti, kapan harus kembali pulang jika kondisi sangat buruk.

9.  Jaga attitude kalian saat mendaki gunung, ingat digunung adalah alam liar. Kalian hanya pendatang jadi jangan semena-mena dan merasa sok jago melakukan hal yang engga penting seperti, selfie sok keren, merusak alam sekitar dan banyak tingkah. Hormati alam dan jaga lingkungan sekitar dan jadilah pendaki yang bertanggung jawab, bukan pendaki banyak gaya.

10. Jangan usik alam dengan menggangu, merusak, membuat onar disana. Bawalah kembali sampah kalian turun. Alam yang liar akan selamanya menjadi liar, jangan rusak mereka dengan sampah yang kalian bawa ya.

11. Berdoalah sebelum dan sesudah melakukan pendakian. Meminta kepada yang di Atas untuk keselamatan kita bersama.

Nah, setelah kalian semua paham ada beberapa hal penting dalam persiapan mendaki gunung. Ingetttt ya jangan diabaikan karena ini akan membawa dampak yang buruk untuk teman-teman semua.

Salam Explorer
Salam Lestari

You May Also Like

0 komentar

//]]>